Wednesday, October 15, 2008

FENOMENA TULISAN DI TRUK, SEBUAH KAJIAN NON ILMIAH





"TABAH MENANTI"

Komentar : Ini seperti lagu melayu jaman dulu yang judul atau syairnya seperti tulisan tersebut. Yang jelas kondisi sopir dalam keadaan menunggu. Entah itu kabar, putusan, atau seseorang yang ditunggu kedatangannya. Jelas sopir merupakan profesi pelariannya, untuk membunuh rasa jemu karena menunggu. Sebab menunggu merupakan pekerjaan yang paling membosankan, jadi daripada diam menunggu lebih baik narik mobil. Cuma saya harap, kita harus lebih berhati-hati jika naik mobil ini. Hal ini karena kondisi sopir yangmungkin tidak stabil, kadangkala merenung dan tertawa sendiri. Jadi sekali lagi berhati-hatilah.

"MABOK BAE"
Komentar :
Ini juga seperti lagu dangdut koplo dengan judul yang sama. Mungkin ditulis sebagai bentuk penghargaannya terhadap lagu tersebut. Karena memang lagu tersebut tidak masuk dalam nominasi Indonesia Music Award. Mabok bae.... mabok bae Maning... maning mabok bae Bisa jadi tulisan tersebut merupakan representasi dari kehidupan pribadi supir. Kerasnya kehidupan di jalanan membuat dirinya terperosok dalam lembah nista. Mabuk. Tulisan ini mempunyai korelasi dengan tulisan “HIDUPKU DI ATAS RODA”.


"KU NANTI JANDAMU"
Komentar :
Ketika masih jadi mahasiswa dahulu, di kamar teman saya ada tulisan seperti ini juga. Namun ditulis di atas poster Dessy Ratnasari yang sedang berpose sengan seepatu rodanya ketika memerankan Olga. Kalau ditulis oleh seorang supir barangkali lebih menarik lagi dan kita paham maksudnya. Supir truk yang sering keluar kota pastinya sering mampir di warung pinggir jalan. Nah, bukan mustahil jika sang supir terpikat oleh pelayan warung yang cantik namun sudah milik orang lain. Karena sangat terobsesi dengan pelayan tersebut lahirlah tulisan seperti ini.


NEW FEAR THE ME IS 3 (Nyupir Demi Istri)
Komentar :
Tulisan di atas menggambarkan tanggung jawab supir sebagai seorang kepala keluarga. Supir seperti ini jarang sekali ditemukan. Suami yang bertanggung jawab kepada istrinya. Tetapi ada pertanyaan lain, kenapa demi istri ? bukannya demi anak istri. Kalimat yang tepat seharusnya berbunyi “Nyupir Demi Anak Istri” atau “The Me Anak Is 3”. Kemungkinannya ada dua. Pertama mereka belum dikaruniai seorang anak. Kedua si supir takut sekali sama istrinya yang galak.


AN3DIS... Anti Gadis
Komentar :
Aneh dan tidak wajar ! Pasti ada masalah dengan orientasi seks supir. Bisa jadi supir tersebut tertarik dengan wanita yang lebih dewasa atau lebih tua. Kemungkinan penulisnya sama dengan tulisan yang pernah saya temui disebuah truk, yaitu “Penculik Janda”.


SEKARANG BAYAR, BESOK GRATIS !!!
Komentar :
Cerdas ! Ini strategi pemasaran yang sangat jitu. Walaupun terkesan meng-kadali calon penumpang, namun jelas ini sebuah pancingan agar penumpang tertarik dan akhirnya terpikat untuk naik mobil tersebut. Biasanya tulisan ini ditempel di angkutan umum. Mungkin karena banyaknya kendaraan umum yang beroperasi mengakibatkan persaingan bisnis semakin ketat. Wajar kalau supir menempelkan sticker tersebut. Tujuannya hanya satu menarik calon penumpang.


WWW. A P KT NTE AJ.COM
Komentar :
Ini situs bohongan ! jangan mencoba mencarinya di internet. Saya sudah berhari-hari mencarinya di internet ternyata situs ini tidak ada. Saya kurang paham maksud supir menuliskannya. Apakah memang dia punya web site tersebut atau hanya gaya-gayaan saja. Maklum sekarang jaman internet.


BER 2 1 7 AN (Berdua Satu Tujuan)
Komentar :
Sangat romantis. Maksudnya adalah harus fokus. Dalam kehidupan kita harus memiliki goal atau tujuan yang jelas. Ketika anda mempunyai tujuan yang jelas, setiap langkah jadi terarah dan fokus. Tidak terombang-ambing tak menentu. Bisa jadi si supir pernah mengikuti kelasnya Reynald Khasali atau Hermawan Kertajaya. Atau mungkin sudah membaca bukunya Tum Desem Waringin.



CAN'T ARE ROCK (Ken Arok)
Komentar :
Saya masih belum yakin kalau maksud dari tulisan ini adalah ‘Ken Arok’. Masak sih supir tersebut keturunannya Ken Arok. Orang jaman dulu, sudah meninggal. Menurut saya artinya merupakan terjemahan langsung dari bahasa Inggris. Can’t Are Rock = tidak bisa musik rock. Artinya, si supir adalah penggemar lagu dangdut. Malahan mungkin si supir adalah pemain musik dangdut. Benar-benar dangsut mania. Penggemar fanatik H. Rhoma Irama. Saking fanatiknya terhadap musik dangdut sehingga menimbulkan penolakan yang keras terhadap musik rock.


MER - 123 - LUCK (Mertua Galak)
Komentar :
Menantu kurang ajar! Sudah tahu mertuanya galak pake ditulis segala di mobilnya. Makanya sama mertua harus bisa mengambil hatinya. Jangan Cuma cinta sama anaknya saja kemudian orangtuanya di cuekin. Kualat baru tahu rasa luh ! Saya yakin kalau penulis atau supirnya ada hubungannya dengan mobil yang bertuliskan “Buronan Mertua”.






Mau lihat gambarnya :
http://pesanlewat.com

No comments:

National Geographic POD