Thursday, October 9, 2008

Cerita Teman Kantor - Mati Juga Ikan Cupang Gue

Cibinong. 10-10-2008


Gara-gara ngikutin Cecep ngebohongin istri, jagi kena batunya. Kemarin, Senin 6/10/2008, Saya dan Radja beli ikan cupang (Betta Fish) di daerah Bojonggede. Lumayan, ada sekitar 600 ekor anak ikan cupang. Harganya murah, karena diborongin semua Cuma saya bayar Rp. 250.000,-. Memang besarnya variatif, ada yang masih kecil ada juga yang sudah besar. Maksudnya sih mau membesarkan saja. Daripada ngwinin cupang nggak pernah berhasil. Akhirnya hobi saya memelihara ikan cupang kesampaian juga. Radjaseneng sekali dibeliin ikan cupang, itupun patungan sama uang lebarannya Radja.

Cuma, ya itu tadi, masalah harganya. Nggak mungkin kan bilang ke istri kalau beli ikan cupang seharga segitu. Padahal menurut saya itu sudah murah sekali, soalnya harga cupang dewasa di pasaran rata-rata Rp. 5.000,-. Niatnya sih selain untuk koleksi juga untuk dijual. Tapi dasar memang lagi apes. Ketika pulang kerja dapat laporan kalau kolamnya kering. Nah lu, padahal kemarin nggak ada masalah. Rupanya kolam bikinan saya yang terbuat dari terpal bocor. Mungkin karena lumpurnya diangkat, terus disikatin sama Alam. Atau mungkin gara-gara kura-kura yang gigitin, akhirnya jebol tuh kolam.

Terpaksa sehabis Isya langsung nyebur deh ke kolam, misi penyelamatan ikan cupang. Ada tamu Pak Amron sama Pak Heri, langsung saya ajak kebelakang. Malem-malem, narik kabel pasang lampu neon biar terang. Bete juga sih, apalagi komentar istriku, “Makanya kalau apa-apa musti bilang dulu ke istri. Tuh kan akibatnya kalau istri tidak ridho”. Masya Allah, pas banget nih komentarnya, jangan-jangan udah tahu. Jadi ketawa mendengar komentar yang bisa pas gitu.

Kolamnya lumayan gede, ukuran 2,5 m x 7 m, dulunya bekas sawah-sawahan, menanam padi. Jadi pegel juga pinggang nih. Udah dingin banget, angin kenceng, karena tadi siang sempat hujan. Huhhh..... Tinggal sedikit yang tersisa.

Sssttt.... ada info lagi nih dari OB di kantor. Kalau di Depok ada yang mau ngejual ikan cupang lagi. Ini malah lebih murah, Cuma Rp. 100.000,- Tapi sih nggak sebanyak yang kemarin. Rencananya Minggu besok mau lihat-lihat. Ajak aja Radja, pasti dia seneng banget.

2 comments:

Herman said...

Bojonggede alamat/ rute angkotnya gimana?, kasih tau, please
tapi masa sampe 600 ekor mau ditaruh dimana, ikan segitu di tempatku, cuma muat 20 sekat (20 ekor) boss, ini saja baru ke isi 6 ekor,
kalo di depok dimana pula lagi tolong e-mail ke aldhotax@gmail.com, thank's sebelumnya

koleksiikancupang said...

ada yang tau cara budidaya ikan cupang di temperatur dingin, kaya di daerah2 tinggi atau pegunungan..?

thank’s…

http://koleksiikancupang.wordpress.com/

There was an error in this gadget