Wednesday, June 10, 2009

Tugas Ibu di Rumah

Kamis, 11 Juni 2009

Radja sedang menghadapi ujian semester, sekarang setiap hari sibuk belajar. Tidak ada main game, main komputer dan main sepeda [itu kalau ketahuan]. Untungnya Radja dan Sasha sejak kecil sudah diajarkan untuk tertib dan mematuhi peraturan di rumah.

Hari Rabu [10/06/] kemarin Radja ujian Ilmu Pengetahuan Sosial [IPS]. Bersama Mamanya, Radja belajar tentang susunan, bentuk dan fungsi anggota keluarga. Ada istilah baru yang dimengertinya, seperti keluarga inti, kemudian dia belajar pula mengenai anak kandung, anak angkat, anak tiri, anak sulung, anak bungsu dan anak tunggal.

Pelajaran berlanjut sampai pada tugas anggota keluarga. Ketika ada pertanyaan tugas Ibu dalam rumah tangga, Radja dengan cepat menyebutkan; Tugas ibu dalam rumah tangga, merajut, senam, fitness, baca buku, makan, tidur, belanja, jajan... sambil senyum-senyum melirik Mamanya. Hehh... bukan begitu De... kata Mamanya protes. Iya sih... [sambil senyum meledek], kan setiap hari Mama kerjanya itu aja... katanya dengan santainya. Merajut, senam, fitnes, berenang, baca buku, nonton, makan... iya kan ?. Jangan begitu jawabnya! Mamanya mulai panik, takut besok ketika ujian jawaban Radja akan seperti itu. Radja cuma mesem-mesem aja meledek Mamanya. Awas lo ! kata Mamanya [takut malu kali ya].

Akhirnya setelah pulang ujian di sekolah, buru-buru Mamanya menginterogasi Radja. Ada soal yang kemarin nggak? tugas Ibu? tanya Mamanya. Ada... jawab Radja santai. Terus ? kamu isinya apa? Mamanya penasaran. Aku isi aja... hmmm... tugas Ibu di rumah, mendampingi Ayah... katanya sambil cuek. Hhhhh... Alhamdulillah.... Mama jadi lega sekarang.

No comments:

National Geographic POD