Sunday, October 25, 2009

Sakit Maag

Jakarta, 26 Oktober 2009

Awalnya mau coba-coba produk herbal (jamu) yang katanya dapat mengatasi asam urat dan pegal linu. Namun ternyata malah jadi sakit yang lain. Setelah cari informasi di internet baru tahun kalau mengkonsumsi jamu pegel linu atau asam urat akan menyebabkan sakit maag.

Sebenarnya pemicunya bukan hanya soal jamu tadi. Merokok dan mengkonsumsi kopi secara berlebihan juga menjadi salah satu penyebabnya. Padahal saya belum pernah kena penyakit maag.

Gejala awalnya sama seperti masuk angin. Cegukan selama beberapa hari, kemudian sesak dan nyeri di ulu hati. Punggung bagian belakang pegal-pegal. Membungkuk juga terasa linu. Menurut keterangan dokter gejalanya hampir mirip serangan jantung koroner (angina). Tadinya saya berfikir juga seperti itu, kena angin duduk. Setelah konsultasi dengan dokter ternyata dokter mendiagnosa saya kena maag.

Jadi hati-hatilah mengkonsumsi jamu sembarangan. Karena tidak semua produk jamu yang bererdar di pasaran adalah jamu herbal. Perbanyaklah minum air putih setelah mengkonsumsi jamu untuk menghindari efek sampingnya.

Semoga bermanfaat !

No comments:

There was an error in this gadget