Wednesday, May 20, 2009

Sedekah di Awal Pagi

Rabu, 20 Mei 2009

Akhir-akhir ini setiap kami berkunjung Ayah sering memberikan nasehat-nasehat untuk saya. Beliau selalu mengingatkan untuk selalu bangun lebih pagi untuk shalat subuh berjamaah di masjid. Ajak anak-anak, katanya. Nasehatnya, setiap hari libur Sabtu dan Minggu, saya sekeluarga disarankan agar mengajak istri dan anak-anak untuk sholat subuh di Masjid Pemda (Masjid Tegar Beriman Kabupaten Bogor).

Alhamdulillah nasehat beliau sudah saya jalankan walaupun masih kadang-kadang tertinggal, akhirnya saya dan istri shalat berjamaah di rumah. Anak-anak setiap subuh juga diusahakan ikut bangun untuk shalat.

Nasehat beliau yang lainnya adalah agar bersedekah di awal pagi. Kasih sedekah ke marbot (penjaga) masjid, dia itu pegawai yang menjaga rumah Allah. Beri perhatian dengan cara memberi sedekah kepadanya. Ketika orang-orang masih banyak yang tertidur, kita sudah mengawali hari itu dengan bersedekah dan berbuat baik.


“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezki) dan kepada-Nya lah kamu dikembalikan”
(QS 2: 245)


"Dan demikianlah telah Kami uji sebahagian mereka (orang-orang kaya) dengan sebahagian mereka (orang-orang miskin), supaya (orang-orang yang kaya itu) berkata: "Orang-orang semacam inikah di antara kita yang diberi anugerah Allah kepada mereka?" (Allah berfirman): "Tidakkah Allah lebih mengetahui tentang orang-orang yang bersyukur (kepadaNya)?"
"[Al An'aam' , ayat 53 ]


"Tidak ada satupun hamba-Ku yang ikhlas kuambil harta yg Kuberikan padanya, kecuali Kuganti dengan yang lebih baik. Tidak ada satupun hamba-Ku yang ridha dengan bala yang Kutimpakan padanya, kecuali Kunaikkan derajatnya. Dan tidak satupun hambaKu yang bersyukur, kecuali Kutambah nikmatKu padanya".
[Hadist Qudsi]

No comments:

National Geographic POD