Monday, May 25, 2009

Pohon Anggur

Selasa, 26 Mei 2009

Saya punya dua pohon anggur yang sudah besar namun belum pernah berbuah. Padahal batang pokoknya sudah lumayan besar. Segala macam pupuk sudah diberikan untuk merangsangnya agar berbuah, namun apa daya, sampai saat ini pohon tersebut belum menunjukkan tanda-tanda bakalan berbuah. Buku cara bercocok tanam anggur sudah lusuh bolak-balik saya baca. Teori tentang penanaman anggur sudah hapal luar kepala, tapi tetap saja kedua pohon anggur tersebut masih selalu saja malas mengeluarkan buah.

Mesti ada yang salah nih, fikir saya. Tapi dimana letak kesalahannya. Apakah tanahnya kurang bagus, bibit anggurnya tidak cocok dengan iklim di tempat saya, atau teknik pemeliharaannya yang belum saya mengerti.

Setiap hari saya melewati kompleks perumahan, nah salah satu penghuninya menanam sebatang pohon anggur. Anggurnya rajin sekali berbuah, setiap habis panen, pohon tersebut dipangkas, setelah keluar daun baru selalu diikuti dengan keluarnya bunga dan buah. Ah, tambah gemas saja nih. Sampai saya mengikuti pola pemangkasannya, misalnya saya lihat pohon anggurnya dipangkas, saya juga ikutan. Tapi ketika pohon anggur disana berbunga, pohon anggur saya malah tumbuh banyak daunnya lebat. Tanpa ada sedikitpun tanda akan keluar bunga. Begitu seterusnya sampai kesal sendiri.

Mungkin ada para blogger yang punya trik /cara agar anggur saya bisa berbuah ? Saya minta informasinya dan pencerahannya. Terima kasih.

4 comments:

Arul said...

sabar....
pohon anggur tetangga memang lebih hijau

download said...

sama pak, dirumah saya juga, gak ada tanda2nya sama sekali, yang ada rajin berdaub doang.
segala macam pupuk, dan tehknik pemangkasan udah dicoba, padahal udah bertahun2 loh pohonnya.
Mana tau ada yang punya info yang bagus, tolong dong dikasih tau, trim's sblmnya.

yanto said...

wah, aku juga baru mencoba nanem atu poon anggur ijo tapi lgs dimakan kambing :D

Somad Pane said...

mending pak,dirumah saya susah bgt tanam anggur. kalo ada yg tumbuh satu,rasanya seneng bgt.

There was an error in this gadget