Sunday, December 17, 2006

SEBUAH NASEHAT UNTUK ANAKKU SASHA DAN RADJA

THINK POSITIVE

Berpikir positif biasa dikenal dengan istilah lainnya yaitu berbaik sangka atau khusnuzon. Itulah salah satu motto hidup yang harus kita pegang. Segala hal yang telah kita hadapi maupun yang akan kita hadapi harus dilandasi dengan cara berfikir yang positif. Berfikir positif dapat diperinci menjadi berfikir positif kepada Allah SWT dan kepada mahlukNya.


Berfikir Positif Kepada Allah
Apabila menghadapi musibah, cobaan atau ujian hendaknya selalu kita kembalikan dengan kehendak Allah SWT. Kita harus percaya bahwa Allah SWT tidak akan memberikan cobaan yang berada diluar batas kemampuan hambanya. Segala ujian hidup yang kita hadapi selalu ada jalan keluar. Sekalipun kita mendapat musibah kita harus percaya bahwa musibah tersebut adalah takdir Allah SWT. Ada rahasia, hikmah dan rencana dari musibah yang menimpa kita. Cobalah ambil pelajaran dari kejadian tersebut. Jangan berburuk sangka kepadaNya. Misalkan kita mendapat kecelakaan. Berpikirlah kenapa sampai terjadi hal tersebut. Mungkin kita kurang atau tidak hati-hati. Hikmah yang dapat diambil adalah kita harus selalu waspada dan hati-hati. Berbaik sangka kepada Allah SWT atas musibah yang terjadi. Artinya mungkin niat kita salah atau mungkin kita tidak seharusnya melakukan atau mengerjakan hal tersebut. Allah SWT memberikan musibah tersebut untuk menegur karena sayang kepada kita. Ketika kita mengingat itu segeralah beristighfar mohon ampunanNya. Introspeksi diri kita mungkin kita lalai atau lupa kepada perintahNya.
Begitupun jika kita mendapat ujian lainnya. Ujian ini ada yang enak dan ada yang tidak enak. Misalnya kita diuji dengan kemiskinan atau sebaliknya kita diuji dengan kemewahan dunia. Kemiskinan dekat dengan kekufuran, salah satu yang saya tahu dari pelajaran agama. Cobalah dekatkan diri denganNya karena Allah SWT akan lebih dekat dengan kita. Lapangkanlah dada dan yakinlah itu akan membuat kita sabar, membuat tentram hati dan membuat kita kaya di mata Allah SWT. Perbanyaklah doa karena Allah SWT akan mengabulkannya. Ingat salah satu doa yang di ijabah Allah adalah doa orang yang teraniaya. Jika kita mendapatkan kemewahan dunia janganlah terbuai dan hanyut dengan bergelimang dosa. Orang yang kaya raya biasanya selalu memperoleh apa yang diinginkan. Hal itu karena kemudahan dari segi materi dan aksesnya. Pergunakanlah materi dan ilmu kita di jalan Allah SWT. Perbanyaklah bersedekah, percayalah bahwa rezeki kita akan bertambah. Amalkanlah ilmu dan percayalah itupun akan menambah ilmu kita. Ingatlah bahwa Allah suka dengan orang miskin yang sabar dan dengan orang kaya yang dermawan.

Berfikir Positif terhadap Orang Lain
Berfikir positif atau berbaik sangka terhadap orang lain akan membuat kita selamat hidup di dunia. Berpeganglah pada keyakinan bahwa semua orang pada dasarnya baik dan ada sisi baiknya. Sekalipun penjahat atau orang yang akan berbuat jahat kepada kita. Insya Allah jika kita mempunyai cara berfikir seperti ini seorang penjahatpun akan baik kepada kita dan orang yang berniat jahatpun akan berfikir seribu bahkan sejuta kali untuk melaksanakan niat jahatnya. Percaya atau tidak saya telah mengalaminya. Dalam kondisi yang kritis sekalipun Alhamdulillah dapat terselamatkan. Saya bukan ahli metafisika, tetapi dari beberapa sumber yang saya peroleh, jika kita selalu berfikir positif, energi positif yang kita keluarkan akan mampu menyerap energi negatif yang ada disekitarnya. Inilah mungkin salah satu sebab yang bisa membuat kita selamat dan terhindar dari kejahatan. Jika kita menghadapi sesuatu yang berbahaya atau menghadapi sebuah masalah yang akan membuat kita takut, ada dua pedoman yang dapat dipegang. Pertama tawakal kepada Allah. Percayakan keselamatan kita hanya kepadaNya. Jadikan Dia pelindung kita. Jangan takabur, sombong dan memohon jaminan keselamatan kepada yang lain. Sekalipun itu kemampuan fisik kita atau keahlian beladiri yang dimiliki. Jika kita percaya dengan hal tersebut Insya Allah akan timbul rasa percaya diri dan kekuatan yang dapat menangkal kejahatan. Kedua adalah berfikir dan yakinlah bahwa tidak ada orang yang jahat atau berniat jahat terhadap kita. Ini sekaligus akan menjadi doa bagi kita. Semoga ini bermanfaat.



No comments:

National Geographic POD