Monday, December 11, 2006

KI TOLET DAN TUKANG SINGKONG

Pada suatu hari Ki Tolet sedang jalan-jalan ke pasar. Dilihatnya seorang penjual singkong sedang menjajakan dagangannya. Dengan santai Ki Tolet menghampiri pedagang tersebut dan bertanya, "gimana dagangnya laku ...?".
Tukang singkong yang emang lagi ngipas-ngipas karena kegerahan menjawab
"Lumayanlah bang... ude tinggal berape iket lagi ..." sambil menunjuk beberapa ikat singkong dan daun singkong yang sudah mulai layu.
"Ngomong-ngomong lu dari mana ..?" tanya Ki Tolet.
"Aye dari citayem bang ...? emangnye kenape..?" balas tukang singkong heran.
"Ah.. nggak knape...., tuh sayuran lu ngambil dimana..?" tanyanya lagi.
"Oo.. eni singkong ame daonnya aye beli di Bogor, lumayan lebih mure..." jawab pedagang singkong.
"Jauh amat ngambilnya... mendingan di kampung gua aja tuh di Pejaten deket dari sini...." kata Ki Tolet.
"Emangnye.. banyak kebon singkongnye ..... "
"Lah... banyak banget... ada kali sepuluh petak, gua tanemin singkong semuanya ..."
"Wah bole tuh..."
"Lu mao ngeliat...."
"Bukan mao lagi bang... kapan kite kesono ?"
"Abis lu beres dagang aja..."
"Baek dah... aye beberes dulu ..."
Setelah merapikan dagangannya tukang singkong tersebut ikut dengan Ki Tolet pergi ke kampungnya.
"Lumayan juga nih .. udah deket bisa murah lagi" pikir tukang singkong.
Setelah beberapa lama mereka berjalan akhirnya sampai juga mereka di kebun singkong (entah milik siapa.. yang jelas bukannya milik Ki Tolet).
Tukang singkong keruan saja girang melihat kebon singkong yang cukup luas tersebut.
"Mao di borongin berape sepetaknye bang...." tanya tukang singkong.
"Lah... kagak ada harganya... ini sih..." jawab Ki Tolet lurus-lurus aja.
"Maksudnye Bang... ???" tanya tukang singkong heran
"Ya.. lu liat aja kendiri.... "
"Aye udeh ngeliatin ampe melotot... tapi berape mao diboronginnye ...?"
"Lah... ini mah kagak dijual...." jawab Ki Tolet lagi
"Maksud abang pegimane nihh...." tukang singkong mulai sewot
"Tadi kan lu gua ajak kemari cuma mao negliatin kebon singkong..."
"Iye... terus..."
"Ya ini kebon singkongnye..."
"Dijual ....????"
"Ya.kagak..... orang bukan punya gua......"
"...... ???????"
(sampe sini nggak diceritain gimana ekspresi tukang singkong tersebut... apa langsung nonjok Ki Tolet atawa pingsan di tempat).

No comments:

There was an error in this gadget