Tuesday, February 17, 2009

Investasi Kayu Sengon

Biaya Perawatan
Biaya Perawatan meliputi biaya pembersihan lahan dan pemberian pupuk serta pengendalian hama setiap 6 bulan sekali. Pekerjaan akan melibatkan tenaga kerja sebanyak 5 orang. Terdiri 1 (satu orang) pengawas dan 4 (empat) orang pekerja. Diperkirakan akan memakan waktu 7 hari kerja untuk setiap 1 hektar lahan. Proyeksi biaya perawatan selama 5 tahun adalah sebesar Rp. 9.000.000,-.
Perhitungan Biaya Perawatan :
Upah Tenaga Kerja per orang : Rp. 20.000 / hari
Jumlah Tenaga Kerja : 5 orang
Jumlah hari kerja : 7 hari
Jumlah Biaya per 6 bulan : Rp. 700.000,-
Jumlah By 5 Tahun : Rp. 7.000.000,-
Kebutuhan Pupuk : Rp. 2.000.000,-
Jumlah Biaya Perawatan : Rp. 9.000.000,-


Biaya Penyulaman
Biaya penyulaman adalah estimasi atas kemungkinan tanaman yang kurang sehat atau mati. Apabila perkiraan tanaman yang mati sebesar 25% dari total 4.000 tanaman. Maka jumlah penyulaman sebanyak 1.000 tanaman. Apabila biaya perawatan dan biaya bibit per batang adalah sebesar Rp. 5.250,-, [(Rp. 12.000.000 + Rp. 9.000.000) : 4.000 batang)] maka biaya penyulaman diperkirakan akan menyerap dana sekitar Rp. 5.250.000,-
Kebutuhan Dana Investasi Kayu Sengon
Perhitungan Biaya :
Pembelian Bibit Rp. 8.000.000,-
Ongkos Tanam Rp. 4.000.000,-
Biaya Perawaran Rp. 9.000.000,-
Biaya Penyulaman 20% est Rp. 5.250.000,-
Lain-lain Rp. 2.000.000,-
Total Biaya Rp. 28.250.000,-

Pemasaran
Pemasaran kayu sengon relatif lebih mudah, karena kayu sengon merupakan jenis kayu yang tingkat konsumsinya tinggi. Kebutuhan kayu sengon disamping untuk dijual sebagai kayu papan dapat pula digunakan sebagai kayu kaso, palet, bahan pembuat peti dan lain sebagainya. Ranting kayu sengon dapat pula dijual sebagai kayu bakar dan bahan baku pembuatan kertas (pulp). Pemasaran sengon di wilayah Jonggol biasanya dilakukan oleh tengkulak atau langsung dijual ke pabrik pemotongan kayu (sawmill). Harga pasar kayu beragam, saat ini harga satu batang pohon sengon usia tanam 5 tahun dapat dijual seharga Rp. 300.000 - Rp. 500.000,-. Sedangkan jika sudah dibuat papan atau balok dapat dijual seharga Rp. 1.000.000 - 1.200.000,- per m3.


Perhitungan Hasil Investasi
Jumlah tanaman per hektar lahan adalah sebanyak 4.000 batang dan prediksi susut sebesar 25% atau sejumlah 1.000 batang, maka setiap hektar lahan akan menghasilkan kayu yang dapat dipanen sebanyak 3.000 batang.
Apabila dijual kepada tengkulak (tebang ditempat) tanpa mengeluarkan ongkos tebang dan ongkos angkut sebatang pohon dapat dijual seharga Rp. 500.000,- (harga saat ini), sehingga perhitungannya menjadi sebagai berikut :
3.000 batang x Rp. 300.000,- = Rp. 900.000.000
Jadi selama 5 tahun masa tanam akan menghasilkan 3.000 batang kayu sengon per hektar lahan. Apabila diambil harga jual termurah yaitu sebesar Rp. 300.000,- per m3, maka hasil investasi kayu sengon selama 5 tahun adalah sebesar Rp. 900.000.000,- .
Hasil perhitungan tersebut berdasarkan estimasi terendah. Sebagai informasi, harga pasaran kayu sengon saat ini per batang dengan usia tanam 4 tahun adalah sebesar Rp. 500.000,-.

Disamping itu investor dapat memilih untuk menjual kayu dengan cara jual di tempat, yaitu dijual gelondongan tanpa biaya angkut dengan harga jual sebesar Rp. 300.000,- atau menjual kayu olahan dengan tambahan biaya angkut dan biaya pengolahan. Kayu sengon olahan dapat dipasarkan dengan harga Rp. 1.000.000,- sampai dengan Rp. 1.200.000,- per m3. Biaya pengolahan kayu (menurut informasi penduduk setempat) adalah setiap 3 m3 kayu gelondongan akan menjadi 2 m3 kayu olahan. Jumlah ini bersih yang akan diterima untuk pemilik kayu.

32 comments:

abhan said...

abdi ngedukung kang' btw mang pohon sengonnya udah gede-gede belom.
tar bagian pemasaran abdi siap dach,, wan isun udah mau buat ngepakin dodolnya.

rahmat said...

invest sengon memang mantap surantap. info sengon lainnya ada di http://rahmatti.blogdetik.com

Wahyu Riyadi said...

mau tanya, dimana ya bisa mendapat bibit bersertifikat untuk daerah jabotabek. saya punya tanah di daerah cariu, rencananya ingin ditanami sengon.

mohon infonya. terima kasih..

salam
wahyu

Agus Setyabudhi said...

saya ada lahan sekitar 2 ha,dan ingin saya tanami sengon...saya cariteman yang serius untuk mengerjakan bersama....

Djerry said...

Mas Agus Setyabudhi yth, saya mau menjadi counterpart anda untuk menanam pohon bersama anda. hub sy di 08121210143. sy tinggal di cilandak jaksel. atau email balik di herrydj10143@gmail.com

Bond said...

Pak Wahyu, untuk bibit sengon yang kami tanam sudah disediakan oleh Pak Haji Acep. Kalau mau lebih murah sih sebaiknya beli bijinya. 1 kg hanya sekitar Rp. 100.000,- kalo nggak salah bisa menghasilkan puluhan ribu bibit tanaman.

Mas Agus dan Mas Djerry, selamat bekerja sama menanam sengon. Mari kita hijaukan lahan di Jonggol dan sekitarnya.
Jangan lupa kalau sudah panen bantu masyarakat sekitar bikin jalan ya...

nyoto said...

saya rasa hasilnya ga sefantastis itu, soale penanaman bibit sengon dengan jarak 2M aja udah keliatan rapat belum lg kegiatan penjarangan setelah umur 2 th bisa2 hasil pada saat panen kurang lebih 4m2 antara batang 1 dengan lainnya, yang artinya dalam 1 hektar hanya ada 625 pohon siap panen, kalo terlalu rapat akan menghambat pertumbuahan sengon sendiri. trima kasih
Prasetia, Blitar, Jatim

avid said...

apa gak kegedean mas, 1 ha menghasilkan 900 juta dalam waktu 5 tahun?

Anonymous said...

mas kayaknya anda ahli di bidang pertanian. saya mau tanya, saya punya tanah di daerah situbondo (jatim) yang kondisi tanahnya keras (bahkan menghitam) tp ada sumber air yang memadai dan bisa digunakan kapan saja. kira2 tanaman apa ya yang paling produktif untuk saya tanam disana ? mohon informasinya dan sebelumnya saya ucapkan terima kasih

Anonymous said...

ngga salah tuh 4000 batang per ha? jarak tanam pohon sengon kan 3x3 atau 3x2. kalo asumsi 3x3 kan jumlah pohonnya kurang lebih 33x33 = 1089 batang (luas tanah 100mx100m).

jabon jawa said...

sekarang ini sengon terancam,apalagi dengan adanya karat tumor,rawan penyakit,,disebagian besar wilayah bahkan sengon hampir punah,,,saatnya tanam jabon sebagai alternatif sengon
jabon-kendal.blogspot.com

http://banyumasnews.com/2009/07/16/terserang-tumorjutaan-pohon-albasia-di-pekuncen-terancam-mati/

TRI TEGUH SANTOSO said...

Bapak-bapak apakah ada perumusan pasti mengenai investasi ini. per 1ha dapat ditanami maximal berapa?dan apakah kondisi lahan mempengaruhi hingga tingkat kematian pohon?.

Anonymous said...

Bagi Bapak2 atau saudara yang butuh bibit Kayu Albasia, Kami Ready Stock mulai dari 40 cm - 100 cm tinggi bibit albasia. Jumlah bibit yang ada saat ini tak terbatas.

Kami jg Sedia Kayu Albasia Gelondongan.

Bagi yang berminat bisa hub. saya langsung.

Heika Wignyo, ST
Hp : 081278330818 - 081532770775
Telp : (0711) 317340
Alamat : Jl. Lunjuk Jaya No.26 Bukit Besar Palembang, Sumsel.

Anonymous said...

Bagi Bapak2 atau saudara yang butuh bibit Kayu Albasia, Kami Ready Stock mulai dari 40 cm - 100 cm tinggi bibit albasia. Jumlah bibit yang ada saat ini tak terbatas.

Kami jg Sedia Kayu Albasia Gelondongan.

Bagi yang berminat bisa hub. saya langsung.

Heika Wignyo, ST
Hp : 081278330818 - 081532770775
Telp : (0711) 317340
Alamat : Jl. Lunjuk Jaya No.26 Bukit Besar Palembang, Sumsel.

tyok said...

kami menjual bibit sengon hibrida dengan harga @ Rp 11.000,-/pohon ukuran 10 cm.panen 4x/10 tahun.cepat besar dan batang pohon lurus. info 081912118889

jabon emas said...

kami menjual bibir jabon emas

shetiawan said...

Estimasi yang sangat menarik..

OPER KONTRAK TANAMAN SENGON

Sebelumnya maaf komentar setengah memberi info :

Kebetulan saya punya lahan seluas 1hektar yang saya sewa hingga tahun 2017, dan dilahan tersebut saya tanami 20% kayu sengon dan 80%nya kayu camelina.

Adapun usia saat ini 21 Februari 2010 sudah 3 tahun, dengan diameter kayu antara 20cm - 60cm tinggi kayu antara 10-16 meter.

Mau saya tawarkan dengan harga Rp.150 juta, dan masih bisa dipelihara hingga tahun 2017.

Lokasi di desa bago kec. besuk kab. Probolinggo JATIM.

Jika berminat silahkan kontak saya shetiawan 081 777 6947.

Terima Kasih.

jabon said...

wah makasih banyak atas info serta pengalaman yang di berikan semoga bermanfaat. amin

ekopras said...

Sengon memang prospektif ya, investasi cerdas yang menguntungkan

HIDAYATULLAH PURWAKARTA said...

Anda ingin tahu sehebat apa budidaya perkebunan Sengon yang akurat klik saja di www.rajasengon.com. Situs ini dibuat agar siapapun yang ingin investasi Sengon bisa melakukannya secara mandiri.

salam

guntoro soewarno
081213799955
guntoro@rajasengon.com

Brian Kamoed said...

sengon subang ditengok tengok dong....!Lahan ok.Yang lain2 juga ok!Prospeknya bagus lho

Iyanz said...

Peluang usaha kayu sengon. Mari bergabung bersama http://www.rajasengon.com/index.php/kemitraan.html

Said R said...

Terima Kasih ilmunya kang.,, saya setuju sepenuhnya.

Saya mengajak untuk sharing tentang albasia ini,, silahkan kunjungi www.rajasengon.com. terima kasih.

ARDHA P said...

ayo ,saatnya tanam jabon,raup laba masa depan,alternatif pengganti sengon

baca liputan kami di trubus ,edisi juli 2010
www.jabon-kendal.blogspot.com

Agung said...

wah pak. 1 hektar dalam 5 tahun dpt 4000 batang?
trs dijual dpt 900 jt?
jng nyebarin hoax ah.

Anonymous said...

informasinya sangat bermanfaat.

jabon said...

jabon bisa dipertimbangkan sebagai alternatif sengon.karena sengon rawan karat tumor

Kari said...

wah..! Jadi tertarik nih nanam sengon

sushicenterindonesia said...

perusahaan ntemanku bisa menanam sekitar puluhan hectar sipa yang mau gabung tanam saham silahkan tanbah fbnya dan masege dia,,,,,,,http://www.facebook.com/photo.php?fbid=1538225105207&set=a.1581143698145.79337.1522274244#!/pages/AB-Brother-Corporation/154589401242773 copy pasta di AB brother coporation

sushicenterindonesia said...

tertarik menana sengon ,,,silahkan hubungi perusahaan kami melalaui fb send masege atau kontak langsung di perusahaan sengon kami atau datang ke alamat AB BROTHER COPERATION kami sudah mempuyai meber puluhan orang dan puluhan hectr sengon yang sudah di tanam,,,,,

* zurkarnain99@gmail.com http://www.facebook.com/photo.php?fbid=1538225105207&set=a.1581143698145.79337.1522274244#!/pages/AB-Brother-Corporation/154589401242773

Anonymous said...

wah, gak mungkin itu pak, kalo jarak tanam 2x2 aja cuman 2500 batang per hektar, setelah 3 tahun dilakukan penjarangan dan yg dibesarkan cuma 60% (1500 batang)

Anonymous said...

saya juga punya kebun sengon, kalo 1Ha 4000 pohon menurut saya gak mungkin, tapi bagi orang lain mungkin saja. setahu saya penanaman 3x3m. jadi 1 Ha sekitar 1089 pohon, buletin jadi 1000 karena ada yg mati. setelah tiga tahun penjarangan 50% sekitar 500 pohon. harga ambil murahnya aja 250rb/pohon = 62,5jt. nah di tahun ketiga 250pohon x 500rb = 125jt. total 187,5jt, nilai ini bisah lebih gede kalo harga perbatangnya bisa lebih mahal karena pohon yang berdiameter lebih besar. bisa juga lebih kecil karena banyak pohon yang mati. tolak ukurnya tergantung daerah, kesuburan tanah dan perawatan. itu masih kotor, belum dikurangi upah tanam, bibit, obat2an, dll. maaf kalo salh

National Geographic POD