Monday, January 3, 2011

Untuk Indonesia yang Lebih Baik


Tahun 2010 telah terlewati dengan berbagai kisah dan cerita. Mulai dari kisah sukses yang berhasil ditorehkan bangsa ini, hingga kisah memilukan korban bencana alam. Semua kisah suka dan duka tersebut pada akhirnya berbingkai pada kata masa lalu.

Harapan dan cita-cita akan datangnya kebahagiaan, kesuksesan dan kedamaian terucap dalam setiap doa yang dipanjatkan oleh anak negeri. Akankah negeri ini akan selalu dirundung duka. Akankah negeri ini selalu bersahabat dengan bencana. Akankah negeri ini selalu digerogoti oleh korupsi, keserakahan, permusuhan dan ambisi para pemimpin. Berjuta pertanyaan yang akan terjawab oleh berlalunya waktu.

Kalau kita mau merenungkan semua musibah dan bencana yang terjadi. Kita pasti dapat mengambil hikmah atau pelajaran dari semua kejadian tersebut. Semuanya kembali kepada apa yang kita lakukan. Ada akibat pasti ada sebabnya. Setiap kejadian apabila ditarik benang merahnya maka akan kembali pada apa yang kita lakukan.

Bencana alam yang terjadi di negeri ini bukan semata karena Tuhan tidak sayang lagi kepada umatnya. Bisa jadi semua bencana adalah teguran buat kita. Pembalakan liar dan perusakan lingkungan oleh manusia menyebabkan bumi semakin rapuh. Ketidakseimbangan akibat terlalu banyak yang diambil tanpa mempertimbangkan bagaimana memperbaruinya. Hal yang terkecil saja yang dapat dijadikan contoh adalah membuang sampah sembarangan. Sepele memang namun menggambarkan betapa kita sudah tidak peduli lagi terhadap alam ini.

Semoga di tahun yang akan datang nanti kita dapat menjadi lebih baik. Bukankah pengalaman adalah sebuah pelajaran yang sangat berharga. Mulai dari yang terkecil dari diri sendiri, kemudian ajak keluarga dan selanjutnya akan tercermin kepada kehidupan masyarakat secara luas. Untuk menjadi lebih baik adalah dengan cara berbuat yang terbaik. Semoga tahun ini semuanya akan terasa indah.

No comments:

National Geographic POD