Thursday, December 3, 2009

Danau Dora

Cibinong, Desember 2009

Sudah beberapa hari diakhir pekan kami bermain di danau yang berlokasi di Bogor Ecologycal Park. Lokasinya di lingkungan LIPI Cibinong. Danaunya tidak terlalu besar namun saat ini sudah mulai tertata rapih. Pengunjung yang datang masih terbatas dari warga Cibinong dan sekitarnya. Maklum lokasinya belum masuk dalam daerah potensi wisata pemda Kabupaten Bogor. Menurut petugas keamanan di sana, nantinya lokasi ini menjadi bagian dari Kebun Raya Bogor yang difungsikan sebagai lokasi konservasi dan suaka alam. Begitulah pesan yang dapat saya tangkap dari keterangan petugas keamanan di sana.

Awalnya datang kesana hanya ingin jalan-jalan bersama anak-anak sambil menikmati udara pagi. Setelah di sana ternyata cukup menarik juga buat saya. Karena danaunya masih dibiarkan alami hanya saja kurang pohon peneduh sehingga terasa panas. Mudah-mudahan ke depannya akan dikelola lebih baik lagi.

Dalam beberapa kunjungan ke danau tersebut saya selalu membawa berbagai jenis ikan untuk dilepas. Sebelumnya saya penasaran dengan jenis ikan tertentu. Ketika kami kecil, ikan tersebut sering kami juluki 'ikan kepala timah'. Nama tersebut karena di kepala ikan tersebut ada warna silver yang membedakannya dari ikan lainnya. Saya penasaran untuk membiakkan ikan tersebut di kolam kami. Sayangnya ikan yang kami tangkapi selalu mati dalam perjalanan. Jenis ikan lain yang membuat saya sedikit suprise adalah 'ikan cupang sawah' (Betta Splendens). Ternyata spesies ikan ini cukup banyak di danau tersebut. Karenanya dalam suatu kunjungan sengaja saya membeli ikan cupang jenis cupang siam yang memiliki sirip yang indah. Mudah-mudahan akan terjadi perkawinan secara alami dengan ikan cupang lokal tersebut.

Rencananya akhir pekan depan saya akan melepas beberapa ikan jenis gurami (ikan sepat) dari berbagai jenis. Sehingga variasi ikan di danau tersebut akan semakin banyak. Ikan yang sudah dilepas di danau tersebut diantaranya, sepasang lele albino, ikan mas, ikan koi, ikan cupang, dan ikan guppy sirip berwarna. Mudah-mudahan ikan-ikan tersebut dapat berkembang biak dan semakin banyak.

No comments:

National Geographic POD